Kenali Nama Lain Hari Kiamat yang Ada di Al Quran

0 Comments

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains 

Sebagai seorang Muslimin, tentu saja kita harus meyakini akan datangnya hari kiamat. Pasalnya, mempercayai datangnya hari kiamat merupakan Rukun Islam yang ke 6. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengenali nama lain hari kiamat yang ada di dalam Al Quran. Adapun mengenai nama-nama lain dari hari kiamat seperti dibawah ini. 

1. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Yaumul Ba’ats atau hari kebangkitan telah disebutkan oleh Allah SWT dalam QS. Ar-Rum ayat 56 yang artinya: “Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah sampai hari berbangkit. Maka inilah hari kebangkitan itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya.”

2. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Yaumul Hisab ini merupakan peristiwa yang mana seluruh amal perbuatan umat manusia selama hidupnya di dunia akan dicatat oleh malaikat, entah itu catatan baik maupun catatan yang buruk. Kemudian semua amalan kita akan dihitung di hari akhir, seperti yang Allah SWT sebutkan dalam QS. Shat ayat 53 yang artinya: “Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan.”

3. Yaumud Din (Hari Pembalasan)

Umat manusia di dunia akan mendapatkan balasan atas apa yang telah diperbuat selama hidupnya. Jika amalan baiknya lebih banyak, maka kita akan mendapat balasan surga. Jika amalan buruknya lebih banyak, maka kita akan mendapatkan balasan neraka. Yaumud Din telah tercantum dalam QS Al-Fatihah ayat 4 yang artinya: “Yang menguasai di Hari Pembalasan.”

4. Yaumul Hasrah (Hari Penyesalan)

Ketika seluruh amalan manusia dibuka satu per satu, maka mereka akan banyak menyesali perbuatannya selama di dunia. Bahkan, mereka akan memohon kepada Allah SWT untuk dikembalikan lagi kedunia meski hanya sebentar untuk bersedekah. Sebagaimana yang tercantum dalam QS. Maryam ayat 39 yang artinya: “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputuskan, sedang mereka dalam keadaan lalai dan tidak beriman.”

5. As-Sa’ah (Hari yang Menentukan)

Umat manusia akan ditentukan, apakah mereka layak mendapatkan surga atau harus masuk ke neraka? Sebagaimana yang telah disebutkan dalam QS. Ghafir ayat 59 yang artinya: “Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.”

6. Yaumut Tanad (Hari Saling Memanggil)

Akan ada peristiwa, dimana banyak orang yang saling memanggil orang lain ketika amalannya ditimbang. kemudian mereka saling menuntut satu sama lainnya, sehingga kondisi tersebut disebutkan dalam QS. Ghafir ayat 32 yang artinya: “Wahai kaumku, ‘Sesungguhnya aku takut kepada kalian pada hari saling memanggil.”

7. Yaumul Fash (Hari Pemisahan / Hari Keputusan)

Yaumul Fash adalah hari pemisahan atau hari keputusan yang terdapat dalam QS. Ash Shaffat ayat 21 yang artinya: “Inilah hari pemisahan yang dahulu kamu dustakan.”

8. Yaumul Jama’ (Hari Berkumpul)

Ketika manusia dibangkitkan dari dalam kuburnya, maka Allah SWT akan mengumpul seluruh makhluk-makhluk-Nya dimuka bumi sebagaimana yang telah disebutkan dalam QS. Asy-Syura ayat 7 yang artinya: “Dan memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul yang tidak ada keraguan padanya.”

9. Yaumul Wa’id (Hari yang Dijanjikan)

Meski tidak ada satupun manusia yang mengetahuinya, namun hari kiamat itu pasti akan terjadi sebagai peringatan kepada manusia, sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Qaf ayat 20 yang artinya: “Dan ditiuplah sangsakala. Itulah hari yang dijanjikan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *