Cefadroxil Monohydrate : Dosis, efek Samping, Interaksi Obat Lain dan Cara Konsumsi

0 Comments

Obat Cefadroxil: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Cefadroxil monohydrate adalah obat yang mengobati penyakit infeksi pada saluran tenggorokan, saluran pencernaan, maupun kulit, dan jantung. Bentuk obat ini ada 2 yaitu berbentuk tablet dan sirup. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat perkembangan bakteri di saluran tenggorokan, pencernaan, kulit, maupun jantung. Cefadroxil monohydrate ini adalah obat antibiotik namun berbeda dengan antibiotik lainnya, cefadroxil monohydrate ini harus dikonsumsi dengan resep dokter.

  • Dosis

Dosis obat cefadroxil monohydrate ini menggunakan takaran miligram (mg) dan gram (g). Dosis obat ini dibedakan berdasarkan usia dari anak lebih dari 6 tahun, hingga dewasa. Untuk anak-anak lebih dari 6 tahun itu dosisnya cukup dengan menggunakan takaran miligram (mg) yaitu 25/50 mg per hari. Dan untuk dewasa dosisnya yaitu menggunakan takaran gram (g) yaitu 1-2 g per hari. Takaran ini dibagi menjadi 2 yaitu per 12 jam. Takaran 1 gram ini digunakan untuk infeksi saluran nafas atas, saluran nafas bawah, infeksi pada jaringan kulit, dan infeksi pada jaringan lunak. Dan untuk takaran 2 gram itu untuk penyakit infeksi yang sudah parah dan dengan skala yang cukup berat.

  • Cara konsumsi

Cara konsumsi obat cefadroxil monohydrate ini cukup mudah dengan hanya memperhatikan dosisnya karena obat cefadroxil monohydrate ini merupakan obat golongan B dan merupakan obat khusus dengan resep dokter. Untuk itu anda harus teliti dalam membaca dosis obat ini karena salah dosis saja akan memengaruhi tubuh. Karena cefadroxil monohydrate ini memiliki 2 bentuk obat yaitu tablet dan sirup.

Untuk tablet itu mudah hanya dengan meminumnya dengan air putih agar lebih mudah dimakan atau dengan membubukkan tablet dan masukkan ke dalam air putih lalu meminumnya. Dan untuk obat bentuk sirup itu hanya dengan meminumnya dengan sendok takaran. Apabila tersara pahit, minumlah air putih untuk menetralkan obatnya. Untuk ibu hamil dan menyusui juga harus segera konsultasikan ke dokter jika ingin meminum obat ini. Karena dokter lebih tahu apa yang baik untuk ibu hamil dan menyusui agar bayi yang sedang dikandung atau sedang disusui juga aman.  Setidaknya hal ini dapat mengurangi resiko buruk yang terjadi pada anak nantinya.

  • Efek samping

Dengan mengonsumsi obat cefadroxil monohydrate ini juga dapat mengalami efek samping yang akan timbul. Efek samping ini terlihat umum saja, namun apabila anda khawatir dengan efek samping berikut ini anda dapat konsultasikan kepada dokter yang sesuai dengan kondisi medis. Berikut adalah efek samping yang timbul dalam mengonsumsi obat cefadroxil monohydrate ini:

  • Diare
  • Dispepsia atau sakit maaf tiba-tiba
  • Demam yang mendadak
  • Hipersensitif, ruam pada kulit, wajah membengkak, sesak nafas
  • Gangguan pada daerah saluran pencernaan
  • Mual serta muntah yang berlebih

Efek samping yang diatas dialami tidak langsung semuanya. Jadi jangan terlalu khawatir.

Interaksi dengan obat lain

  • Karena obat ini merupakan antibiotik, penggunaan obat dibarengi dengan antibiotik yang lain akan menimbulkan efek samping yaitu penurunan pada efektivitas dari masing-masing obat yang dikonsumsi.
  • Penggunaan obat cefadroxil monohydrate ini dengan obat probenecid, akan menimbulkan efek samping.
  • Cefadroxil monohydrate digunakan bersama dengan vaksin BCG dan tifoid, maka akan menurunkan kualitas dan efektivitas vaksin tersebut.
  • Menggunakan obat cefadroxil monohydrate dengan obat cholestyramine memberikan efek obat yang akan menurun fungsinya.
  • Mengonsumsi Cefadroxil monohydrate bersama dengan mengkonsumsi pil KB maka akan melemahkan efek pil KB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.