5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Ambil Cicilan Motor Online

0 Comments

Bukan cuma gadget atau furniture yang bisa dicicil, sekarang cicilan motor online juga makin populer dan dicari banyak orang, lho! Kalau biasanya, proses ambil cicilan motor harus melewati serangkaian tahap di leasing, dengan kemajuan teknologi, kamu bisa mengajukan cicilan motor online lewat HP dari rumah. 

Eits, kedengarannya memang mudah, ya. Namun, cicilan motor online tetap memiliki proses yang harus diketahui dan dipahami di awal supaya nggak menyesatkan. Untuk kamu yang tertarik menggunakan layanan ini atau mendapat tawaran, setidaknya ada 5 hal yang perlu kamu ketahui dan siapkan. Apa aja? Yuk kita bahas satu per satu. 

Informasi Terkait Cicilan Motor Online

Meski sudah ada sejak lama, nyatanya cicilan motor online belum seramai cicilan gadget atau furniture. Sebab, mindset orang terkait cicilan motor mungkin masih berkutat pada leasing dan proses pengambilan cicilan offline karena lebih terpercaya dibandingkan online yang barangnya nggak bisa dilihat atau dicoba langsung. 

Oleh karena itu, penting untuk kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait cicilan motor online. Karena, ada banyak penyedia layanan cicilan motor online. Dan tentunya, regulasi dan prosesnya akan berbeda-beda pula. Mulai dari kartu kredit, fintech, atau bahkan leasing motor yang menyediakan layanan cicilan online. Yang terpenting: pastikan penyedianya terpercaya, punya izin, resmi, dan asli, ya. 

Layanan Cicilan yang Tepat & Memadai

Berbeda layanan cicilan, maka regulasinya akan berbeda. Misalnya dengan Kredivo, aplikasi cicilan online dengan limit maksimal s.d Rp 30 juta yang bisa digunakan untuk ambil cicilan motor di e-commerce seperti Lazada atau Tokopedia. 

Dengan Kredivo, kamu bisa ambil cicilan motor dengan opsi tenor 3/6/12 bulan, tanpa uang muka. Dengan catatan, limit yang kamu dapatkan saat daftar Kredivo harus mencukupi harga motor yang kamu mau.

Misalnya, harga motor pilihanmu adalah Rp 18 juta. Maka artinya, paling tidak kamu harus punya limit di akun Kredivo sebesar Rp 20 juta. Plus, kamu juga harus memperhitungkan besaran cicilannya jika tenor maksimal hanya 12 bulan. 

Kredivo memiliki tingkat suku bunga yang terbilang rendah dibanding fintech lain, yaitu hanya 2,6% per bulan. Artinya, cicilan motormu mungkin akan berkisar mulai Rp 1, 5 jutaan ke atas jika mengambil tenor maksimal 12 bulan dengan Kredivo. 

Dengan memperhitungkan hal tersebut, kamu akan menemukan apakah suatu layanan cicilan motor online tepat buatmu atau tidak. Terutama dari segi kapasitas keuangan. 

Untuk kamu yang tertarik daftar Kredivo, caranya mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Pastikan kamu sudah memenuhi tiga syarat ini sebelum mendaftar: 

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

Platform untuk Ambil Cicilan Motornya

Untuk bisa mengambil cicilan motor online, selain metode cicilan, platform juga harus dipertimbangkan. Yang paling praktis ada e-commerce. Namun, nggak semua e-commerce punya produk motor. Untuk itulah, kamu juga perlu melakukan riset, platform e-commerce mana sajakah yang punya produk motor. Terlebih untuk merek motor incaranmu. Dengan begitu, proses pengajuan cicilan akan lebih efektif dan terpercaya. 

Proses Pengecekan dan Perbandingan Motor

Langkah berikutnya yang harus disiapkan dan dipahami adalah proses pengecekan dan perbandingan motor. Dalam cicilan online, kamu hanya bisa membaca deskripsi dan melakukan riset di internet dari motor pilihanmu. Berbeda dengan cicilan motor offline di mana kamu bisa mengecek secara langsung. Nah, proses pengecekan inilah yang perlu kamu tanyakan kepada seller di e-commerce perihal detailnya. Bagaimana jika ada kerusakan, proses pengantaran/pengembalian, dan lain sebagainya. 

Kesehatan Keuangan untuk Bayar Cicilan Motor

Hal terakhir yang perlu disiapkan dan nggak kalah pentingnya adalah kesehatan keuangan sebelum ambil cicilan motor. Mengambil cicilan motor sama dengan artinya membuat komitmen jangka panjang untuk membayar angsurannya. Apalagi jika tenor lebih dari 1 tahun. Makin sehat keuangan, akan makin besar potensimu untuk bayar lancar. Sebaliknya, makin banyak beban cicilan yang sedang ditanggung, akan makin sulit beban keuanganmu. Plus berpotensi terjadi kredit macet. 

Oleh karena itu, penting untuk bijak sebelum ambil cicilan baru demi kesehatan keuanganmu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.