5 Bisnis Kecil Modal Rendah Cocok Untuk Passive Income

0 Comments

Jika berdiskusi tentang pasif income sebenarnya adalah penghasilan yang didapatkan secara pasif dengan investasi yang minimum. Namun demikian, pasif income umumnya memerlukan modal yang cukup besar seperti pasif income dari kosan, kontrakan, penyewaan villa yang berkaitan dengan properti.

Namun demikian, sebenarnya ada juga lho pasif income dengan modal rendah yang cocok untuk dijalankan secara perlahan-lahan. Tidak perlu banyak, yang penting menghasilkan dulu di awal. Nah, kira-kira apa saja ya pasif income dengan modal rendah?

1. Affiliator

Affiliate punya sumber pendapatan dari komisi yang dibayarkan dari hasil konversi pembelian. Sederhananya tugas affiliator adalah membagikan link produk sehingga link tersebut bisa diklik oleh calon konsumen.

Jika konsumen pada akhirnya melakukan pembelian dari link tersebut, maka sistem akan bisa melacak sumber link yang diberikan oleh affiliator. Saat proses pembayaran selesai, affiliator akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Singkatnya affiliator tidak berbeda jauh dengan calo. Sistemnya sama, tapi komisi yang diberikan sudah ditetapkan oleh penyedia barang dan jasa. Affilator bisa membagikan linknya dalam bentuk iklan banner, review artikel, share di media sosial dan sebagainya. 

2. Konten Kreator

Pengguna Tiktok sudah cukup banyak yang mendapatkan keuntungan dari profesi sebagai seorang konten kreator. Sudah tahu kan kalau lewat TikTok bisa belanja barang? Nah, beberapa konten kreator ini pada akhirnya bisa melakukan review barang sehingga penonton tertarik dan melakukan pembelian. 

Hampir mirip seperti affiliator, namun bedanya konten kreator bisa dikenal oleh konsumennya sehingga potensi untuk dikenal atau terkenal pun menjadi salah satu berkah dan daya tarik tersendiri. 

Modal menjadi konten kreator hanya cukup handphone yang sudah bisa merekam dan foto dengan hasil yang bagus. Tidak perlu harus mahal, bisa dimulai dengan handphone mid range antara Rp3 jt sampai dengan Rp5 jutaan. 

Apalagi saat ini kredit hp cicilan makin mudah. Supaya aman bisa lewat Kredivo aja. Bunga cicilannya rendah hanya 2.6% saja per bulan dengan tenor 6 dan 12 bulan. Kalau ingin lebih singkat bisa pilih tenor 3 bulan tanpa perlu bayar bunga. Cukup bayar biaya admin saja sebesar 3% dari total harga hp yang dibeli. Limit yang diberikan Kredivo pun cukup tinggi hingga Rp30 juta bagi member premium.

3. Blogger

Meskipun popularitasnya tidak seperti para konten kreator dan YouTuber, beberapa blogger tetap bisa mendapatkan penghasilan dari iklan adsense yang dipasang di blognya. Malahan ada beberapa karyawan yang akhirnya resign karena mengurus blognya dengan fokus. 

Modalnya bisa lewat handphone atau laptop yang sudah dimiliki saat ini. Praktis hanya perlu menyiapkan strategi untuk membuat konten serta disiplin dalam mengisi konten-konten di blog supaya traffic blognya makin meningkat. Sehingga impression dan klik iklannya pun bisa semakin terkerek naik. 

4. Podcaster

Podcaster basisnya adalah seperti penyiar radio. Bukan Youtuber yang merekam hasil obrolannya dalam bentuk video. Namun, dengan memberikan satu tema utama. Ada yang bahas bisnis, personal branding, hingga hal-hal receh yang bisa didengarkan dalam kondisi santai. Nah, jika sudah punya basis audience yang cukup potensial, bisa disisipi iklan yang mendatangkan cuan. 

Pasif income ini cocok buat yang suka cuap-cuap di kamar sendirian. Daripada dengerin sendirian mendingan dijadikan konten. Siapa tahu cocok untuk segmentasi pasar tertentu. 

5. NFT

NFT bagaimanapun tetap masih punya peluang di masa depan. Tak bisa dimungkiri bahwa jualan NFT di Indonesia mungkin saat ini belum begitu jelas keuntungannya. Tapi, faktanya membuktikan bahwa Ghozali yang viral karena melakukan foto selama tiga tahun lebih bisa mendatangkan cuan dari NFT. 

Butuh ide dan kreatifitas yang belum pernah ada sebelumnya agar bisa dijual dengan nilai yang tinggi. Beberapa karya seni pun sekarang banyak yang dalam bentuk NFT dan bisa diperjualbelikan dengan harga yang fantastis.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.