4 Cara Menemukan Ikigai

0 Comments

Ikigai: Konsep Hidup Orang Jepang dan 5 Langkah untuk Menemukannya

Ikigai adalah istilah yang diambil dari Bahasa Jepang untuk menggambarkan tentang nilai atau makna kehidupan. Pengertian Ikigai dipahami sebagai sebuah prinsip yang bisa membuat hidup kamu menjadi lebih seimbang, bermanfaat, dan bermakna.

Konsep Ikigai juga dipahami sebagai alasan untuk hidup, seperti sesuatu yang membuat kamu bersemangat bangun di pagi hari untuk menyambut apapun yang menunggumu disepanjang sisa hari. Apakah kamu pernah bangun di pagi hari dengan perasaan yang seperti itu?

Perasaan atau antusiasme yang seperti itulah yang diyakini mampu membuat kamu meraih kebahagiaan dalam hidup. Konsep hidup seperti itu banyak dijalani masyarakat Jepang. Bagi mereka, terbitnya matahari atau hangatnya kopi bisa menjadi alasan untuk bangun pagi.

Lantas, bagaimana cara menemukan Ikigai ini? Ini cara menemukannya :

  • Apa Yang Suka Kamu Kerjakan?

Cara paling mudah untuk menemukan Ikigai adalah awali dengan menemukan passion. Sesuatu yang kamu selalu punya semangat, gairah untuk mengerjakannya tanpa merasa letih, bahkan tanpa imbalan sekalipun, sebab semua itu mampu me-recharge kamu.

Sebagai contoh, kamu suka membuat kue kering. Karena kamu suka rasa keju, maka kue kering yang dibuat juga tentunya menggunakan bahan keju.

  • Apa Yang Bermanfaat Untuk Orang Banyak?

Jika passion hanya melihat kedalam dirimu saja, maka selanjutnya kamu perlu melihat mission, melihat sesuatu diluar diri kamu yang dibutuhkan orang lain, bahkan oleh dunia. Sesuai dengan konsep Ikigai yang beririsan, bagaimana cara kamu memadukannya dengan passion?

Contohnya, masih tentang membuat kue kering. Misalnya, orang-orang di rumah kamu suka kue kering rasa coklat. Maka, kamu juga mulai membuat kue kering rasa coklat. Hanya saja, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan orang lain. Kamu bisa menambahkan rasa kuenya, tidak hanya cokelat saja namun juga keju.

  • Apa Yang Dapat Memberimu Penghasilan Memadai?

Coba bayangkan ketika kue buatanmu disukai orang-orang di rumah, keluarga besar, tetangga, bahkan kolega-kolega mereka semua. Setelah itu, permintaan kue keringmu meningkat hingga membuat kamu mendapatkan penghasilan dari membuat kue, sesuatu yang sangat kamu sukai.

Coba bayangkan lagi ketika kamu mengerjakan sesuatu yang memang disukai dan dibayar untuk hal tersebut. Dalam konsep Ikigai, irisan ini disebut sebagai vacation.

  • Apakah Keahlian Yang Kamu Kuasai Dengan Baik?

Berangkat dari passion membuat kue, kamu bisa mengikuti kelas memasak, contohnya. Setelah selesai kursus memasak, kamu pun akan memiliki kemampuan profesional sebagai pembuat kue. Kamu jadi bisa membuat beragam kue dan memiliki kualitas yang layak disandingkan di pasaran.

Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa mengembangkan dan membesarkan bisnis kue yang telah dirintis dari rumah, atau bahkan membuka kursus dan mengajar untuk berbagai ilmu. Apapun pilihanmu, kamu akan mendapat penghasilan karena sudah belajar secara formal dan memiliki keahlian profesional yang dibutuhkan di bidang tersebut. Inilah yang disebut konsep hidup Ikigai.

Konsep hidup sepert ini bisa ditiru seperti ketika kamu memilih jurusan kuliah, profession dalam konsep Ikigai seperti misalnya mengikuti kelas memasak seperti pada contoh diatas. Jika kamu mengawalinya mulai dari passion tanpa mengesampingkan mission, hopefully kela kamu akan mampu menjalani pekerjaan yang membuat kamu merasa seolah-olah sedang in vacation.

Kamu pun bagun pagi dan sudah bersiap-siap untuk menyambut hari dengan penuh semangat. Tidak hanya selama belajar dan kuliah saja, namun hingga nanti ketika kamu berkarya di dunia kerja. Itulah konsep Ikigai, yang akan membuat bahagia itu tidak hanya sekedar wacana dalam hidup kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *